Mobile Marketing

Asia Pacific Media Forum 2008 yang diadakan di Nusa Dua, Bali, baru saja usai. Inilah perhelatan besar tahunan para pelaku periklanan Asia-Pasifik.

Salah satu topik hangat yang dibahas tahun ini adalah potensi Internet dan telepon seluler sebagai media pemasaran dan iklan ideal di masa depan.

“Belum ada formula terbaik bagaimana cara terbaik untuk menggunakan media internet dan ponsel sebagai media komunikasi dalam periklanan,” kata Andi Sadha, Ketua Panitia Asia Pasific Media Forum 2008, seperti dikutip Kompas.com.

“Ini (Internet dan ponsel) adalah media yang sangat penting. Sekarang tinggal bagaimana kita menggunakan internet dan ponsel sebagai media yang powerfull,” tambahnya lagi.

Lha memang iya. Wong, pengguna ponsel di Indonesia, saat ini sudah berkisar 120 juta. Sedangkan pengguna Internet, sesuai data ICT Watch dan APJII, pada akhir 2007 telah mencapai 25 juta.

Medium dan teknologinya sudah tersedia, yang beriklan juga sudah siap, lha kalau yang nggarap iklan belum siap, “apa kata dunia.” — yang ini ngutip iklan pajak.

Mungkin pelaku iklan sudah cukup puas dengan “mobile advertising” seperti yang ada di gambar ini. Karena, bajaj kan juga mobile. Dari Blok M ke Fatmawati, dari Senen ke Jatinegara…

tn.jpg

2 Responses

  1. 10 June 2008 at 5:53 pm

    baru aja kemaren liat proposal untuk mobile CRM. lucu juga ide untuk me maintain customer melalui mobile disertai berbagai informasi menarik menggunakan MMS tanpa customer dikenai biaya mahal seperti SMS berhadiah/penjurian itu.

  2. 11 October 2008 at 9:58 pm

    Masih nyari orang gila yang punya keyakinan industri ini akan berkembang di indonesia….check http://www.mobimarketing.wordpress.com

Leave A Reply

* All fields are required