Community Service Ebhin

Menjalankan community service selama 10 jam merupakan salah satu tugas wajib sekolah Ebhin di klas 7 di SBI Madania, Parung. Makanya mumpung libur lebaran, Ebhin pun memutuskan menjalani community service nya di Balai Pengobatan Lentera Pamulang.

Di bawah supervisi Dr Max Subandar yang merupakan kepala BP Lentera, Ebhin mulai  comser pada hari Rabu, 14 Agustus 2013. Di hari pertama, selama 3 jam ebhin mendapat tugas membantu entry data di bagian pembayaran, mencatat jenis pemeriksaan pasien dan obat yang diberikan.  Di hari ke 2, Ebhin pindah tugas di bagian pendaftaran pasien. Dan tugasnya sebagai ‘kurir’ yang mengantarkan data setiap pasien ke dokter yang bertugas. Di  hari ketiga, Ebhin kembali tugas di bagian pembayaran.

Ternyata Ebhin yang selama ini agak manja,  cukup menikmati tugas comser ini, dan serius menjalaninya. Setidaknya begitulah komentar para mentornya: bu Menik, tante Anet di BP Lentera. Dan Ebhin pun takjub, ” Ternyata ada juga pasien Lentera yang bayar cuma rp 5 ribu, ” ujar Ebhin.

Balai Pengobatan Lentera, http://lpm-lentera.org/ yang didirikan oleh GKI Pamulang memang merupakan klinik yang melayani masyarakat kurang mampu di sekitar Pamulang.  Dengan pasien rata-rata 80 orang per-hari, 60% merupakan masyarakat kurang mampu. BP Lentera menerapkan subsidi silang, artinya bagi pasien yang mampu membayar lebih untuk subsidi yang kurang mampu.  Karena rata-rata harga pokok produksi layanan untuk pengobatan umum sekitar rp 30 ribu. Artinya jika ada pasien yang hanya mampu membayar rp 5 ribu, maka ada subsidi sekitar rp 25 ribu.

Selain di klinik, BP Lentera secara regular juga melakukan pengobatan ke kantong-kantong kemiskinan (outreach). Melakukan pengobatan gratis dan penyuluhan kesehatan, kadang juga ditambah layanan potong rambut gratis.  Selama ini, pendanaan BP Lentera bersumber dari: bantuan GKI Pamulang, donasi jemaat dan simpatisan, serta dari pendapatan operasional BP Lentera.

Dengan menjalani tugas community service, mendidik Ebhin menjadi anak yang lebih mandiri. Dan yang lebih penting lagi, dengan melihat secara langsung apa yang dilakukan BP Lentera, akan menumbuhkan empatinya untuk peduli terhadap sesama. Sesuatu nilai penting yang perlu dia asah terus di tengah dunia yang makin individual ini.

Leave A Reply

* All fields are required

*