64 tahun Indonesia…

Indonesia sudah 64 tahun merdeka, sejak proklamasi kemerdekaan diucapkan oleh proklamator kita: Soekarno-Hatta. Lalu bagaimana perjalanan bangsa ini selama lebih dari enam dasawarsa ini, sudah tercapaikah cita-cita kita?

Cita-cita bangsa Indonesia yang dirumuskan  para pendahulu bangsa itu, seperti trtera dalam pembukaan UUD 45, dalam paragraf kedua yang berbunyi : “Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”.

YaItu intinya:  Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Mari kita simak gambar-gambar di bawah ini yang sampai saat ini menjadi warna kemerdekaan kita.

*Foto-foto atas jasa baik Google.

1 Response

  1. 1 September 2009 at 4:26 pm

    Nah itu dia Tan, kan kata-katanya adalah: “Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur”.
    Ingat: pintu gerbang… pintu gerbang!!
    Jadi, dari dulu ya masih di pintu gerbang aja… nggak makmur-makmur, nggak berdaulat-berdaulat, apalagi adil dan bersatu. Wuidih!! Nunggu di-klaim sana sini baru bersatu.
    Hehe

Leave A Reply

* All fields are required

*