Menghadapi one on one interview

Seperti sempat dibahas sebelumnya, bahwa situasi  1on 1 interview, biasanya terjadi saat wartawan/media memerlukan informasi dari perusahaan. One on one ada dalam beberapa bentuk. Yaitu:  wawancara langsung (face to face), atau melalui telepon. Dan medianya pun beragam, bisa print, radio, digital, televisi.

Apapun medianya, ada beberapa hal mendasar yang mesti disiapkan. Pertama, cari tahu siapa yang akan mewawancarai Anda, mengapa Anda yang dipilih, apa topiknya. Kedua, siapa saja  yang diwawancarai (pesaing, analis/pengamat, lainnya). Ketiga, cari bahan/data pendukung atau informasi terbaru yang relevan dengan topik yang akan ditanyakan. Ke empat, siapkan beberapa key messages untuk dikomunikasikan dalam wawancara tersebut.  Kelima, pilih tempat yang nyaman untuk wawancara.

Secara khusus, wawancara melalui telepon, adalah salah satu  hal yang kerap dilakukan wartawan untuk mendapatkan informasi. Biasanya itu terjadi saat  menjelang deadline,  yang waktunya mepet. Pertanyaannya  bisa beragam, konfirmasi suatu masalah yang sedang hangat di industri, atau sekedar melengkapi informasi yang sebelumnya sudah diberikan, dan beragam isu lainnya. Yang pasti, dalam situasi seperti ini, usahakan untuk tidak langsung menjawabnya, sebelum Anda yakin memiliki info yang cukup untuk memberikan jawaban.  Yang perlu dilakukan adalah:

1. Buying time, mulai tanyakan “deadline nya jam berapa”? Kemudian tanya topik dan pertanyaannya, catat nama reporter dan nomor telepon yang bisa dihubungi, serta janjikan untuk menghubunginya sebelum tenggat waktu.
2. Gunakan waktu untuk mendapatkan info,  data sebanyak mungkin agar Anda bisa menjawab pertanyaan reporter tersebut sebaik mungkin.
3. Hubungi kembali sang wartawan, sesuai waktu yang sudah Anda janjikan.
4. Berikan informasi sesuai topik dan pertanyaan yang tadi sudah disampaikan, tanpa menunggu sang reporter menanyakannya kembali.

Jika wawancara dilakukan di kantor Anda, kondisinya memang lebih menguntungkan. Namun, tetap saja ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan.

1. Siapkan dan elaborasi lagi jawaban Anda dari pertanyaan yang akan diajukan, serta lengkapi dengan sejumlah  data yang bisa memperkuat jawaban Anda.
2. Siapkan agenda Anda, pastikan Anda tahu apa yang ingin disampaikan saat wawancara.
3. Ciptakan suasana bersahabat.
4. Rapikan meja kerja dan ruangan Anda, juga penampilan Anda. Untuk mengantisipasi jika ada juru kamera atau fotografer.
5. Catat beberapa hal penting saat wawancara, untuk berjaga-jaga jika ada hal yang ingin ditindak lanjuti,  dengan info atau data tambahan. (bersambung).

1 Response

  1. 11 March 2009 at 9:24 am

    menarik sekali topik-topik yang dibahas disini, mungkin kalau bisa sharing pengetahuan/pengalaman dimana saat ini saya sedang membangun relation dengan Journalist melalui Media Blog sehingga informasi bisa lebih akurat, cepat, real time…dan up to date.

    tkhs

Leave A Reply

* All fields are required

*