Ketika Luna Maya “menjadi” Monyet

Pengganti Luna Maya
Pengganti Luna Maya

Sabtu pagi, seperti biasa, ritualku adalah  sarapan sambil baca koran. Di Kompas halaman 5 ada iklan XL satu halaman, yang isinya  wajah simpanse alias monyet, dengan tagline: nggak usah mikir, pake XL pasti termurah.  Lho,  bukan lagi si cantik Luna Maya (LM) modelnya?

Ebhin, anak lelakiku , yang duduk di  kelas 3 SD, turut menyimak iklan itu. Sembari melenggang ia berujar, ”aneh”. Wait…wait…lalu kutahan  Ebhin,  kutanya, “kenapa aneh?”. Sambil meringis ia menjawab, ”simpanse  kan bodoh.”

Hemmmm, setelah mendengar jawaban Ebhin, sekali lagi kucermati iklan itu sambil berpikir. Apa ya pertimbangan XL mengganti  LM dengan binatang yang oleh anakku dibilang bodoh?

Saat aku browsing di beberapa portal berita, kudapati sejumlah berita tentang penggantian icon produk prabayar XL ini  yang alasannya lebih  untuk “penyegaran” atau mungkin juga untuk efisiensi. Ya memang “segar”  sekaligus  bikin kaget sebagian  pengguna setia XL. 

Menurutku, icon sebuah produk, sejatinya merupakan salah satu bentuk personifikasi  penggunanya. Mungkin  bukan saja karena cantiknya, atau ngetopnya, tapi bisa juga gayanya.   Dimana pengguna akan mengindentikkan dirinya dengan icon tersebut, “Pokoknya LM itu gue banget,” begitu kira-kira yang ada di benak pengguna XL.

Luna Maya yang asli
Luna Maya yang asli

Dan simpanse tentu saja juga memiliki pesona, setidaknya bagi kalangan konservasi orang hutan. Dengan diangkatnya simpase sebagai icon XL yang baru, mungkin saja akan menarik minat kelompok ini untuk menjadi pengguna XL.

Hari itu, aku juga terima sms dari pelanggan setia XL yang kerap mengirim masukan, maupun keluhannya kepadaku, tentang “model” baru XL itu.  “Seorang cewek cantik bagi cowok adalah DAYA TARIK, dan bagi cewek adalah ROLE MODEL, jadi menurut gue bintang iklan cewek  cakep menarik buat unisex,” tulis Enwui melalui pesan singkat.

Nah, aku jadi pengin tahu apa pendapat teman-teman — yang juga pengguna layanan selular — tentang  icon-icon bintang cantik/ganteng yang ngetop. Coba ya dibagi di sini…….

21 Responses

  1. EnWui
    Reply
    26 October 2008 at 12:43 pm

    yang jelas honor luna maya lebih mahal jauh dari simpanse… Pemakai xl mirip simpanse atau yg belum mirip belum boleh make xl hwe hwe hwe

  2. 26 October 2008 at 2:22 pm

    Saya pikir no problem, karena isi pesan pas dengan simpanse…..btw, saya kira perhitungan tarifnya tetap ribet…penuh dengan syarat dan kondisi; saya sendiri hampir tidak pernah peduli dengan isi iklan itu.

    Saya kira memang sangat mendesak untuk dilakukan konsolidasi operator; cukup TIGA saja di Indonesia ini; merger dipaksa seperti di China itu.

  3. 26 October 2008 at 10:12 pm

    Relatif juga sih buk menurut saya , dan semua orang memiliki aspek keunikan masing-masing dalam memandang suatu hal , dan ini juga menjadi sesuatu yang unik saya rasa , pertanda adanya kesewasaan dalam hal promo produk, karena kini para pengusaha tak lagi terjebak dalam tipuan tampilan fisik saja, tetapi mereka juga mencoba menampilkan sisi keunikan tersendiri , sebuah sisi yang tentunya tak dimiliki oleh wajah-wajah cantik seperti luna maya dan lainnya , dan untuk kasus ini saya pikir langkah yang diambil oleh pihak marketing xl sangatlah tepat, karena jika kini kita mengasosiasikan luna maya terhadap suatu produk, maka pemikiran konsumen akan terpecah , meraka pasti akan memikirkan kalau luna maya itu adalah bintang iklan lux, xl,ekstravaganza, dan berbagai macam lainnya
    dan tentunya hal ini tidak begitu menguntungkan bagi XL, karena yang dibutuhkan xl dalam hal ini adalah adanya suatu pemikiran yang memiliki titik temu yang satu terhadap sosok luna maya , dan bukan sosok luna maya yang mewakili beberapa produk itu, walaupun secara nyata semua nya berbeda

    dan simpanse merupakan sebuah brand ambasador yang sangat unik , sesuatu hal yang bisa membedakan produk xl dengan yang lainnya, sesuatu hal yang bisa meningatkan orang-orang terhadap sesuatu, sesuatu yang berbeda pastinya …

  4. 27 October 2008 at 8:03 am

    gapapa pake model simpanse, atau monyet lainnnya. Kan katanya kita masih sodaraan ama mereka…

  5. mbulet
    Reply
    27 October 2008 at 1:55 pm

    kira2 regulator kasih peringatan nggak ya?

  6. 31 October 2008 at 6:04 am

    mbak ve..saya malah liat iklan di tvnya setelah baca tulisan mbak ve..
    hehehehe

  7. HKY
    Reply
    31 October 2008 at 10:01 pm

    untung hp gw ilang, jadi gw gak pake xl lagi. Kalo gw masih pake xl rugi dong, masa gw di samain sama simpanse sih.

  8. 1 November 2008 at 11:26 pm

    sebagai pengguna XL gw tersunggin juga nieh .. masa icon/promotor-nya MONYET!! apa kata dunia?! tapi lebih nyesek lagi para artis .. dah pada disaingin sama binatang!! ha!! otak orang indonesia ini memang… tinggal tunggu aja onta, kuda, dan kambing..

  9. 2 November 2008 at 12:42 pm

    Saya bingung maunya XL apa dengan iklan tersebut?
    Dalam ilan tersebut seolah-olah XL mau berkata pelanggan kami adalah monyet yang gak bisa mikir..
    tapi saya akui iklan tersebut unik, lucu dan menghibur..

  10. EnWui
    Reply
    3 November 2008 at 10:53 am

    XL kurang peka, g liat lbh byk respons negatif dibanding positifnya baik dr teman2 g maupun dari vlisa.com dan forumponsel.com. Mau sindir siapa? Baik pelanggan maupun bukan g jamin ga ada yg mau diasosiasikan sbg MONYET atau SIMPANSE dhe

  11. Bagoes
    Reply
    3 November 2008 at 12:43 pm

    MONYET ITU SALAH SATU HEWAN YANG DISEBUT DI ALQURAN KARENA KEBURUKANNYA. AURATNYA / KEMALUANNYA PALING MENONJOL DARI BAGIAN TUBUH LAINNYA KARENA WARNANYA BERBEDA. ADALAH SEBUAH HAL TOLOL BAGI XL BIKIN ICON MONYET.
    TOLOL, GOBLOK…!!!
    GW MALU JADI PELANGGAN XL, ASAL TAHU AJA GW UDAH 9 TAHUN PAKE XL,,,
    NO HP GW 081776XXXXX.

  12. siss
    Reply
    3 November 2008 at 7:43 pm

    Ya, sebenernya gw sndiri merasa cukup terhibur dengan iklan xl simpanse itu..
    mungkin para simpanse saking pinternya kasih saran ke manusia biar milih xl, simpanse aja tau xl bagus, masa manusianya sendiri masih bingung nyari operator yang murah??hahahahah 😀

  13. 5 November 2008 at 11:37 am

    Sejauh yang pernah saya baca, simpanse termasuk salah satu primata yang cerdas loh. Saya kira perubahan bintang iklan ini cukup efektif. bad publicity is still publicity. Cuman mgk ada beberapa orang yang jadi tersinggung karena disamain ma monyet :p. Tapi ya apa sependek itu mikirnya? Orientasinya kan tetep aja service. Mau monyet, atao kambing, kalau bagus ya pasti dipilih :p

    Etapi, iklannya kurang menggigit ah. Saya kira penggunaan simpansenya bisa lebih menarik daripada sekedar percakapan antar simpanse.

    Yang saya rada sayang itu, REG UANG. Uhh, sebel banget saya dengan iklan yang itu. Mudah2an saja tidak merusak brand XL.

  14. 6 November 2008 at 4:20 pm

    Kalau buat saya pribadi seh masih biasa saja, mereka mengganti monyet mungkin memang sengaja mencari buzz karena memang sangat contrast antara si Luna dan si monyet… *tetapi kalau tujuan mereka mencari buzz saja mereka tentunya salah besar karena harusnya tujuan mereka adalah menambah customer bukan? Dan kalau sebuah campaign bisa membuat customernya tidak suka itu mungkin bisa di sebut gagal…

    Untuk membuat buzz yang asal sangat mudah, tapi membuat buzz yang berdampak positif yang harus dipikirkan matang2…

  15. 13 November 2008 at 3:15 pm

    konon lebih irit bayar binatang iklan ketimbang bintang iklan…
    :mrgreen:

  16. 22 November 2008 at 10:07 pm

    Kalo menurut saya sih iklan tersebut terlampau kreatif ide nya 🙂
    saking kreatifnya yg di omongin si simpanse itu malah sebenarnya kl mau jujur menjelekan diri XL sendiri.

    Knp saya bilang bgt krn di lapangan kenyataan XL tidak sebagus iklannya, pengalaman saya sinya xl tidak stabil kdg2 full kdg2 jg ilang sendiri pdhal area nya dalam kota dan tidak didalam gedung.

    Sampe hari ini saya jg pelanggan XL Xplor, dan harapan saya adalah agar xl tidak terlalu jor2an di iklan, krn semakin byk iklan yg ok tp ga dibarengin dgn perbaikan kualitas saya pikir itu sama hal spt senjata makan tuan alias membalik ke diri XL yaitu merusak citra XL itu sendiri.

    Kl buat iklan yg wajar dan jujur saja jgn berlebih2an dan tanpa model2 yg superstar pun saya pikir org akan seneng, asal kualitas nol.1 🙂

  17. enwui
    Reply
    26 November 2008 at 9:46 pm

    lihat iklan indosat, lucu, tapi gak jayus kayak XL, g suka dan msh pake XL, tapi faktanya g gak suka iklan XL, btw thread ini memecahkan rekor top comment di vlisa.com euy

  18. enwui
    Reply
    28 November 2008 at 1:59 pm

    emang seh gak g ampe sekarang masih setia ama XL, walo sentimen ama iklan monyetnya hehehe

  19. u_dzup
    Reply
    13 December 2008 at 12:02 am

    kalau menurut aq icon monyet itu bagus,menghibur,lucu.mungkin XL pakai trik ini untuk menarik perhatian pelanggan.

  20. 3 March 2009 at 1:17 pm

    hehehe.. sip2 dah

  21. 3 May 2009 at 1:56 pm

    salam kenal !,

    kasihan juga yah si luna.. hehehe…

Leave A Reply

* All fields are required

*