Kebiasaanku ber- internet

Apakah Anda  cukup waktu untuk mengingat pola ber-internet Anda di masa lalu? Apa yang Anda lakukan saat konek ke internet, lalu berlancar di dunia maya?

Aku mengenal internet, setidaknya sudah sekitar 15 tahunan. Jika kuingat lagi, apa yang kulakukan dengan internet di masa itu, paling banter cuma untuk kirim imel.  Sekadar lihat informasi di beberapa portal asing (maklum di Indonesia belum ada portal berita). Atau cari info tentang buku baru. Paling lama juga cuma 30 menit, dan belum tentu setiap hari buka internet.

Waktu berjalan, dan teknologi berkembang,  koneksi internet pun makin beragam, tak cuma dial up. Pilihan konten  untuk diakses pun makin banyak. Sejak beberapa tahun  terakhir pola browsing ku pun  berubah, lebih intens dan tak cuma melongok imel. Ada portal berita seperti detik.com dan kompas.com yang selalu kutengok secara rutin, setidaknya 2 kali sehari (siang dan sore/malam). Artinya, menyalakan komputer, browsing, buka imel, lalu buka tab baru untuk beberapa situs informasi,  cari buku baru atau kesukaan yang lain.

Selain itu, akupun mulai  menyisikan waktu lebih banyak untuk ber-internet, dan  memantau imel-imel  yang kupakai untuk mengikuti sejumlah milis. Juga untuk googling mencari informasi-informasi yang kubutuhkan untuk pekerjaan. Waktu yang kupakai berselancar pun bertambah, bisa 1-2 jam, terutama malam, dimana aku  punya lebih banyak waktu.

Setahun terakhir, ketika aku mulai gemar nge-blog, dan melakukan jejaring sosial di dunia maya, pola nge-net ku pun ikut berubah. Masih 2 kali sehari, namun pilihan akses sudah mulai berbeda. Tujuan browsingku selain untuk pekerjaan, juga  menulis dan memantau blogku, membaca dan menjawab komen yang ada, lalu blogwalking sekedar baca postingan teman atau ikutan ninggalin komentar.

Hal lain yang kulakukan adalah melakukan jejaring sosial, semisal buka facebook, update, nyalamin  “teman-teman”ku,  juga  sekadar melakukan “keisengan”  di jejaringan sosial itu. Atau ikutan berpendapat di sejumlah grup diskusi yang ada di jejaring sosial itu.

Yang pasti, entah kenapa, membuka portal berita, kini, tak lagi jadi tujuan utamaku saat nge-net. Apalagi, kini, sejumlah info-info penting yang kubutuhkan kini juga sudah bisa ku-akses, antara lain   via viigo yang ada di Blackberryku.

Nampaknya perubahan pola nge-net tak cuma terjadi padaku saja. Beberapa teman, terutama yang ngeblog dan melakukan jejaring sosial lainnya, mengaku mengalami perubahan serupa. Artinya, buka komputer, buka imel, memonitor  blog, blogwalking, masuk komunitas jejaring sosial. Semua kebutuhan informasi secara selektif, telah dipenuhi oleh blog, dan sejumlah milis.  Di situ sudah ada berbagai informasi, bahkan selalu ada posting berita terbaru yang diambil dari beberapa portal.

Bagaimana dengan Anda?

4 Responses

  1. 14 September 2008 at 2:57 pm

    Yang saya lakukan : blogwalking, menulis blog, dan mengelola online business.

    Saya mengelola beberapa websites to generate income (dollar)….karena itu saya aktif di milis global to market my international websites, pasang iklan di Adwords, ngecek berapa produk online saya yang terjual via Paypal, ngecek income affiliate di Amazon.com, dll.

    Bagi saya, internet bukan lagi sekedar hoby dan spending free time. Internet telah menjadi pengisi sebagian income kehidupan saya. Perjuangan menjadi An Online Entrepreneur sungguh tak mudah, namun saya menikmati setiap detik dari proses itu.

  2. 15 September 2008 at 1:34 pm

    kalo saya ya cek orderan hahaha

  3. 16 September 2008 at 1:59 pm

    amin dahhhh. btw, ga butuh kartu nama baru ya mbak?hehehe

  4. 19 September 2008 at 10:28 am

    belum pernah ada yg gagal kali ya hahaha

Leave A Reply

* All fields are required

*