Dashboard

Semua pengendara mobil, atau setidaknya yang pernah nyetir kendaraan bermotor, pasti tahu yang namanya “dashboard”.  Itu adalah papan yang berisi  panel-panel – – dengan data/info penting – – yang ada di depan pengemudi.

Setidaknya ada 3 hal penting dalam dashboard mobil. Yaitu  berupa indikator: kecepatan/laju mobil, temperatur, dan status bahan bakar. Ketiga indikator tesebut sangat penting saat mobil melaju. Semisal, temperatur tentu menunjukkan “kesehatan” mobil,  penunjuk bahan bakar untuk memprediksi  kemampuan menempuh jarak.

Nah,  perusahaan juga memerlukan dashboard. ”Panel-panel”  ini diperlukan perusahaan untuk merancang strategi dan rencana kerja, mengambil keputusan baik jangka panjang maupun jangka pendek.

Apa isi dashboardnya? Ada 2 karakter penting di dalam  dashboard perusahaan:  data yang sifatnya monitoring dan analisis.

Yang pasti, hasil monitoring dan pengawasan yang terdapat dalam dashboard tersebut,  menjadi acuan sangat penting bagi manajemen untuk mengambil keputusan ataupun langkah bisnis. Minimal 3 info penting yang ada di dalamnya: angka penjualan mingguan/bulanan, biaya, juga info mengenai pesaing. 

Dari level perusahaan, ke divisi, lalu departemen, bahkan unit terendah dalam perusahaan, memiliki dashboard. Tentunya disesuaikan dengan   area yang dikelola. Yang pasti, makin komprehensif dan akurat “panel”  dashboard yang kita miliki, tentunya makin mudah pula bagi kita untuk menjalankan pekerjaan.

Anda tentu juga memiliki dashboard dalam menjalankan pekerjaan Anda. Nah, jika anda punya pengalaman tentang dashboard yang Anda gunakan, silakan share di sini.

(Catatan: tulisan tentang “dashboard” ini masih akan bersambung di edisi mendatang)

Leave A Reply

* All fields are required

*